Hack A Farm 2021: Inovasi Teknologi Budidaya Perikanan

Hack A Farm 2021 hadir kembali dengan mengusung tema yang sedikit berbeda dengan tahun lalu. Pada tahun ini Hack A Farm berfokus untuk ikut serta dalam pembangunan perikanan Indonesia dengan mengusung tema akuakultur. Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara dengan daerah perairan yang sangat luas, yaitu sekitar 3.273.810 km². Luasan daerah perairan yang besar ini berkorelasi positif dengan potensi dan kekayaan yang tersimpan di dalamnya. Berkaca dari perspektif ini, Hack A Farm 2021 memiliki tujuan untuk dapat mewadahi pengembangan berbagai teknologi aplikatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembangunan di sektor perikanan.

Potensi alam perairan yang dimiliki Indonesia merupakan peluang besar yang dapat menghantarkan pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Peluang ini selaras dengan perkiraan trend konsumsi ikan yang akan meningkat hingga 151.7 juta ton pada tahun 2030. Prospek yang terbuka lebar ini dapat menjadi suatu keuntungan dan tantangan bagi dunia Akuakultur. Tantangan di lapangan kita perlu memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat, di sisi lain bidang akuakultur perlu memperhatikan proses budidaya yang efisien dan efektif serta ramah lingkungan.

Salah satu upaya untuk menjawab tantangan ini adalah dengan pengembangan teknologi untuk memaksimalkan aktivitas produksi di bidang Akuakultur. Dewasa ini, sudah mulai banyak rintisan teknologi pintar yang menjawab berbagai permasalahan akuakultur di lapangan. Pengembangan teknologi ini pun melingkupi banyak sektor yang berpengaruh langsung pada dunia akuakultur. Teknologi ini menyangkut keseluruhan proses pada bidang akuakultur seperti proses pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Kesadaran akan pentingnya pengembangan teknologi di bidang akuakultur ini dapat terlihat dari mulai banyaknya start-up yang merintis dan mengembangkan berbagai teknologi yang aplikatif di dunia Akuakultur.

Hack A Farm 2021 kembali hadir sebagai inkubator teknologi yang sedang dikembangkan oleh sobat inovator. Hack A Farm menawarkan serangkaian kegiatan pengembangan skill dan teknologi dalam bentuk kelas online, workshop, mentoring, dan akan ditutup dengan presentasi hasil akhir dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat berkesempatan untuk mendapatkan fasilitas inkubasi teknologi hingga siap digunakan oleh user. Untuk mendukung acara ini, Hack A Farm 2021 juga akan dibimbing oleh mentor-mentor yang tentunya sudah expert di bidang akuakultur dan pengembangan start-up. Tunggu apa lagi sobat? Segera daftarkan timmu pada bit.ly/hackafarm2021 atau ada website resmi kami www.hackafarm.com!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Hackafarm.

Hack a farm merupakan ruang bertemu bagi generasi muda untuk berkontribusi menyelesaikan masalah riil pertanian melalui sebuah teknologi.

© Hackafarm 2021 - All rights reserved

Alamat

Jalan Kaliurang KM.16,3, Umbulmartani, Ngemplak, Kledokan, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

Kontak: 087800598800

Email: [email protected]

Menu